VISI, MISI, TUJUAN dan Sasaran D3 TG

VISI

Visi Program Studi Diploma Teknik Gigi adalah menjadi prodi terkemuka di bidang keteknisian gigi yang mandiri dan inovatif berbasis IPTEK mutakhir di tingkat Nasional dan Internasional berdasarkan moral agama.

MISI

Misi Program Studi Diploma Teknik Gigi adalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasional di bidang teknik gigi yang berbasis IPTEK mutakhir yang mampu bersaing di tingkat Nasional dan Internasional;
  2. Menyelenggarakan penelitian terapan yang inovatif di bidang teknik gigi yang berbasis IPTEK mutakhir berlandaskan nilai kebangsaan dan moral agama untuk menunjang pengembangan pendidikan Teknik Gigi dan pengabdian  kepada masyarakat di bidang laboratorium keteknisian gigi;
  3. Mendharmabaktikan keahlian vokasional di bidang Teknik Gigi kepada masyarakat dalam lingkup nasional dan internasional;
  4. Menjalin kerjasama dengan segenap stakeholders dalam berbagai kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

TUJUAN PROGRAM STUDI

  1. Menghasilkan lulusan Diploma Teknik Gigi unggul, profesional, berkompeten, berjiwa enterpreuner yang mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi keteknisian gigi yang berbasis IPTEK mutakhir serta mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional, juga mengembangkan potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudaya untuk kepentingan bangsa;
  2. Menghasilkan penelitian terapan di bidang keteknisian gigi yang inovatif dan mendorong pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam lingkup nasional dan internasional;
  3. Menghasilkan pengabdian berbasis karya penelitian yang bermanfaat dalam memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dan pemberdayaan masyarakat yang berkelanjutan;
  4. Meningkatkan kualitas lulusan secara berkesinambungan untuk mencapai keunggulan dalam persaingan dan kerja sama nasional dan internasional.

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN PROGRAM STUDI

Program Studi Diploma Teknik Gigi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga merumuskan sasaran didasarkan atas hasil evaluasi diri, umpan balik dari mahasiswa dan stakeholder. Sasaran penyelenggaraan pendidikan Prodi mengacu pada renstra UNAIR, Fakultas Vokasi dan Prodi adalah sebagai berikut:

A. Pengembangan Kualitas Pembelajaran

  1. Mengevaluasi kurikulum pendidikan secara berkala berdasarkan dari industri, asosiasi, alumni dan stakeholder sehingga kurikulum selalu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang teknik gigi.
  2. Menerapkan bahan kajian yang perlu untuk dikuasai oleh lulusan sebagai antisipasi pengembangan ilmu di masa depan dan juga mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).
  3. Meningkatkan kerjasama dengan industri dan institusi tempat mahasiswa Praktik Kerja Lapangan dan Magang seperti Dental Laboratorium baik RSGM maupun swasta.
  4. Meningkatkan metode pengajaran dengan menerapkan teknologi informasi dengan metode pembelajaran e-learning, meningkatkan pembelajaran dengan metode  pembelajaran berbasis project-based learning dan practice-based learning.
  5. Meningkatkan keahlian mahasiswa terutama di dalam keahlian di bidang kompetensi profesi yang terintegrasi dengan kurikulum agar lulusan mampu bersaing di industri, dunia  usaha, dan dunia kerja (IDUKA).
  6. Mendorong program dosen tamu, dosen praktisi industri dan profesional yang memiliki sertifikasi kompetensi untuk membagikan ilmu guna memperkaya dan meningkatkan kualitas pembelajaran.

B. Pengembangan Kualitas Staf Pengajar dan Tenaga Kependidikan

  1. Peningkatan kualitas pendidikan dosen dengan mendorong untuk studi lanjut doktoral sesuai dengan bidang keahlian.
  2. Meningkatkan keikutsertaan dosen pada kegiatan seminar ilmiah nasional dan internasional yang bermanfaat untuk pengembangan dan peningkatan wawasan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru.
  3. Mendorong dosen untuk mengikuti kegiatan magang di industri atau melakukan kegiatan di industri untuk meningkatkan kompetensi dengan terjun langsung di industri.
  4. Meningkatkan keikutsertaan tenaga kependidikan pada pelatihan dan workshop bersertifikasi kompetensi untuk peningkatan dan pengembangan kualitas tenaga kependidikan.
  5. Mendorong keikutsertaan tenaga kependidikan dalam studi banding pelayanan prima, training pelayanan prima, workshop administrasi berbasis teknologi dan memfasilitasi tenaga kependidikan untuk studi lanjut.

C.  Pengembangan Penelitian Terapan

  1.  Membentuk kelompok riset grup untuk bidang-bidang penelitian yang linier dengan keahlian yang ada di program studi Diploma Teknik Gigi.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dosen prodi pada pendanaan internal universitas, DIKSI, maupun kerja sama dengan organisasi dan instansi lain dari dalam dan luar negeri.
  3. Mendorong publikasi hasil penelitian melalui jurnal terakreditasi nasional maupun internasional.
  4. Mendorong hasil penelitian dalam bentuk produk, alat, propotipe dan program yang berpotensi untuk mendapatkan hak paten.

D.  Pengembangan Program Pengabdian Masyarakat

  1. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara inovatif dan mampu menyelesaikan masalah yang terjadi di industri dan masyarakat pada bidang keteknisian gigi.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas pengabdian masyarakat pada pendanaan internal universitas, DIKSI, maupun organisasi dan instansi.

E.  Pengembangan Kelembagaan

  1. Meningkatkan dan mengembangkan fungsi-fungsi kelembagaan di Program Studi Diploma Teknik Gigi dengan evaluasi secara berkala yang dilakukan setiap akhir semester.
  2. Meningkatkan kuantitas dan kualitas sarana dan prasarana akademik seperti ruang kuliah, praktikum dan peralatan praktik serta kemahasiswaan dan administrasi.
  3. Ikut serta dalam kegiatan asosiasi prodi serumpun ilmu, Asosiasi Profesi Dosen Vokasi Indonesia (APDOVI) yang dapat memberikan masukan terhadap pengembangan pendidikan bagi Program Studi serta meningkatkan kerjasama nasional dan internasional.