D-IV TEKNOLOGI KESEHATAN GIGI GELAR ACARA RAMADHAN BERPAHALA BERTEMAKAN “LENTERA BETEGI”

Ramadhan merupakan bulan suci yang penuh berkah dan Rahmat bagi umat islam. Selama bulan Ramadhan ini, umat islam di seluruh dunia berpuasa dari fajar hingga terbenamnya matahari, menahan diri dari makan minum, dan menghindari perbuatan dosa. Ramadhan bukan hanya tentang menahan lapar dan haus, tetapi juga tentang spiritualisasi, pengendalian diri, dan solidaritas sosial. Di lingkup mahasiswa, bulan Ramadhan dapat menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta memberikan kesempatan untuk mempererat keharmonisan antar mahasiswa, dosen, dan lainnya.

Dalam mengisi waktu di bulan suci ini, Himpunan Mahasiswa Teknologi Kesehatan Gigi turut memeriahkan bulan suci yang penuh berkah dengan mengadakan kegiatan Ramadhan Berpahala yang bertemakan “Lentera Betegi : Lengkapi Terangnya Ramadhan dengan Mencari Pahala Bersama Teknik Gigi”. Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Prodi D-IV TKG pada hari Kamis, 21 Maret 2024 dengan mengundang para dosen, tendik, serta mahasiswa D-IV Teknologi Kesehatan Gigi. Pelaksanaan kegiatan Ramadhan Berpahala ini diketuai oleh Muhammad Faiz Saidin, mahasiswa D-IV Teknologi Kesehatan Gigi.

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada kegiatan Ramadhan Berpahala ini, yaitu Lomba Musabaqah Tilawatil Quran, Lomba Dakwah, Penampilan Nasyid, dan di akhiri dengan Buka Bersama.

LOMBA MUSABAQAH TILAWATIL QURAN

Kegiatan pertama yang dilaksanakan adalah lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ). Lomba ini merupakan salah satu kegiatan yang diadakan untuk memeriahkan bulan Ramadhan dan meningkatkan kecintaan umat Islam terhadap Al-Qur’an. Tujuan diadakannya perlombaan ini, yaitu untuk meningkatkan kecintaan umat islam terhadap Al-Quran, membantu umat islam untuk mempelajari dan memahami Al-Quran, serta mencetak qori dan qoriah yang handal.

Para peserta akan diuji kemampuannya dalam membaca Al-Qur’an dengan tartil dan tajwid yang benar. Penguji menilai penampilan lomba yang telah dibawakan dan memilih yang terbaik diantara semua peserta lomba ini untuk dijadikan pemenang.

DAKWAH

Kegiatan yang kedua, yaitu perlombaan dakwah. Lomba dakwah adalah sebuah perlombaan yang bertujuan untuk menyampaikan pesan-pesan Islam kepada masyarakat dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Pada lomba ini, para peserta menyampaikan ceramah atau pidato tentang berbagai tema Islam.

Penguji memberikan kriteria penilaian perlombaan ini meliputi 4 aspek, yaitu intonasi, artikulasi, penguasaan materi, serta sikap tubuh yang akan dijadikan sebagai pemenang dari lomba dakwah ini.

PENAMPILAN NASYID 

Kegiatan yang ketiga, yaitu penampilan nasyid dari mahasiswa. Nasyid merupakan sebuah seni vokal islam yang biasanya berisi tentang pesan – pesan islam, seperti tauhid, akhlak, dan kisah – kisah nabi. Penampilan nasyid ini dibawakan oleh Ana Rahmah mahasiswi TKG semester 4 dan Shofi Layuza mahasiswi TKG semester 2.

BUKA BERSAMA 

Kegiatan yang keempat, yaitu buka bersama dengan para dosen, tendik, dan mahasiswa Teknologi Kesehatan Gigi. Tujuan buka bersama ini adalah untuk mempererat tali silahturahmi, meningkatkan rasa kebersamaan, serta menyebarkan kebaikan.

Sebelum berbuka, dilakukan doa bersama yang dipimpin oleh Achmad Haikal mahasiswa TKG semester 2, kemudian berbuka dengan takjil yang sudah disediakan. Setelah itu, melaksanakan shalat maghrib terlebih dahulu secara berjamaah. Selesai melaksanakan shalat maghrib, diarahkan berkumpul untuk menyaksikan pembacaan kejuaraan lomba yang telah ditampilkan oleh setiap perwakilan mahasiswa TKG, serta pembagian konsumsi. Acara diakhiri dengan makan bersama.

 

Penulis : Grissa Sefiana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *