Memanfaatkan Waktu Libur, Prodi D-III Teknik Gigi Dental Visit goes to Bali

Pada hari Rabu, 19 Juli 2023, program studi D-III Teknik Gigi Fakultas Vokasi berkunjung ke Bali untuk dental visit. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh mahasiswa program studi D-III Teknik Gigi serta didampingi oleh Winda Kusumawardani, S.Kep., Ns., M.Kep. selaku dosen serta Pembina Hima prodi D-III Teknik Gigi. Dental visit merupakan agenda tahunan dari prodi untuk mengunjungi dental laboratorium. Pada dental visit tahun ini, terdapat tiga dental laboratorium yang telah dikunjungi, yaitu Ivodent Dental Lab, ARC Dental Clinic, dan Mutiara Dental Lab. 

Menurut Pembina Hima D-III Teknik Gigi, Winda Kusumawardani, S.Kep., Ns., M.Kep., tujuan diadakannya dental visit adalah sebagai pembelajaran praktis. Kunjungan ke dental laboratorium dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk melihat dan belajar secara langsung tentang prosedur dan teknologi terbaru dental teknisi seperti penggunaan CAD CAM, CNC, dan lain-lain. Selain itu, dapat memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk berinteraksi dengan profesional di bidang dental teknisi sehingga dapat membantu mahasiswa membangun jaringan profesional yang bermanfaat untuk karir di masa depan. 

Kegiatan dental visit dimulai pada tanggal 19 Juli 2023 pukul 14.00 WIB untuk keberangkatan dari kampus A Universitas Airlangga menuju Bali. Kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi dua dental laboratorium pada 20 Juli 2023. Dental laboratorium pertama yang dikunjungi adalah Ivodent Dental Lab yang berlokasi di Jl. Patimura, Denpasar. Di dental laboratorium tersebut, dijelaskan mengenai beberapa cara kerja alat dental teknisi. Lalu yang kedua adalah ARC Dental Clinic yang berlokasi di Jl. Sunset Road, Kuta. Di dental laboratorium ini menjelaskan alur pekerjaan dari tata cara pemesanan, penyelesaian pekerjaan hingga sampai pada pasien, dibimbing oleh Ajeng selaku alumni program studi D-III Teknik Gigi Universitas Airlangga tahun 2015. Kunjungan berikutnya ke Mutiara Dental Lab pada 21 Juli 2023 yang berlokasi di Jl. Nusa Kambangan, Denpasar. Di dental laboratorium ini dijelaskan mengenai cara kerja alat dental teknisi serta ngobrol bersama dengan alumni program studi D-III Teknik Gigi Universitas Airlangga tahun 2019. Pada hari Sabtu, 22 Juli 2023, kegiatan mengunjungi dental laboratorium telah selesai dilaksanakan dan pada pukul 17.00 WITA perjalanan pulang ke Surabaya.

Khansa Wiritannaya Attar, selaku ketua pelaksana dari kegiatan Dental Visit 2023 berpendapat bahwa kunjungan ke dental laboratorium dapat menambah wawasan mengenai berbagai macam alat yang digunakan sebagai dental teknisi, selain itu dapat bertemu dengan alumni prodi D-III Teknik Gigi untuk berbagi pengalaman.

Salah satu mahasiswa prodi D-III Teknik Gigi yang mengikuti kegiatan dental visit, yaitu Soviana Lutfi berpendapat bahwa pengalaman mengikuti kegiatan ini adalah seru, dapat menambah ilmu baru, dapat mengetahui alat-alat yang terdapat di dental laboratorium yang belum tersedia di kampus. 

Menurut Pembina Hima D-III Teknik Gigi, Winda Kusumawardani, S.Kep., Ns., M.Kep., banyak hal positif yang didapatkan mahasiswa dari Dental Visit 2023 ini, selain belajar tentang praktik di IDUKA (Industri dan Dunia Kerja), mahasiswa juga belajar banyak tentang budaya Bali. “Harapan saya tentu kegiatan ini bukan hanya mahasiswa semester akhir, namun bisa diikuti mahasiswa semester awal untuk lebih mengetahui prospek kerja kedepannya, sehingga semakin bersemangat dalam menjalankan perkuliahannya. Tentunya juga menjaga silaturahmi dengan alumni adalah hal yang penting”, imbuh beliau.

 

Penulis : Haly Nur Cahyawan_016221007

Zata Amani Shafarina_152110513031

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *